Posted by : Aries Monday 1 July 2013


Tak ada manusia yang dapat hidup seorang diri. Setiap manusia pasti membutuh manusia lain. Islam tak hanya mengajarkan habluminallah, Tetapi juga Habluminannas ini adalah mengunjungi orang yang sedang sakit.
Rasulullah Saw. telah mencontohkan hal ini. Dalam satu hadist, Beliau menetapkan bahwa menjenguk orang sakit adalah kewajiban seseorang muslim terhadap muslim lain. Menjenguk orang yang sakit ini bertujuan untuk memberikah rasa kasih sayang dan cinta kepada si sakit dan keluarganya, serta turut merasakan kesusahan mereka sehingga mengurangi kesusahan di hati mereka.
Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari & Imam Muslim, Sahabat abdullah bin umar menuturkan bahwa sa'ad bin ubadah sedang sakit. Lalu rasulullah saw dan beberapa sahabat mengunjunginya. Ketika beliau masuk dan menemui keluarga sa'ad bin ubadah, Beliau bertanya Apakah ia sudah sembuh? Keluarganya menjawab Belum, Rasulullah Saw pun menangis mendengarnya.
Pada kesempatan lain, Rasulullah Saw. Mengunjungi Ummuala, Seorang Shahabiyah yang sedang sakit. Beliau bersabda, Bergembiralah, wahai ummu ala, sebab allah akan menghapus dosa-dosa seorang muslim dengan sakit seperti api yang  menghapur kotoran emas dan perak (HR. Abu  Dawud)
Rasulullah Saw tak sekedar mengunjungi orang yang sakit,  Tetapi juga mendoakan kesembuhan bagi si sakit, "Hilangkanlah penyakitnya, wahai rabb manusia, Sembuhkanlah. Engkaulah masa penyembuh. Tiada kesembuhan selain kesembuhan darim. Kesembuhan yang tidak mendatangkan Penyakit Lagi (HR.Bukhari)

Penulis Blog : Fakhri Arrahman
#SahabatNabi4
Follow : @SahabatNabi4

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Entri Populer

Bagaimana menurut anda tentang blog ini ?

Tukar Link

White Tiger Print Pointer

- Copyright © Budi Mulia - Smk Ti Budi Mulia Ciledug - Powered by Multimedia - Designed by Fakhri Arrahman -